Sabtu, 13 Maret 2010

Rangkuman bab 8

A. Membuat Lembar Kerja

1. Membuat Lembar Kerja Baru

Saat pertama kali membuka program Microsoft Excel, secara otomatis akan terbuka sebuah workbook baru yang masih kosong.

Apabila ingin membuat buku kerja (file) yang baru yang masih kosong, dapat dilakukan dengan:

1) Klik menu File


2) Pilih New (Ctrl + N)

3) Pilih ikon kertas


2.
Memasukkan Data

Untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja, dapat dilakukan dengan menggunakan mouse

Langkah-langkah Memasukkan Data

1. Aktifkan program Microsoft Excel
2. Letakkan pointer di A1, ketik No, tekan enter
3. Penekanan enter akan membuat No melompat ke dalam worksheet (dalam contoh ini ke A1), dan pointer langsung lompat ke baris berikutnya, dalam contoh ini ke A2. Langsung ketik angka 1
4. Bawa pointer ke B1 dengan anak panah kanan, ketik Nama, tekan enter
5. Setelah di enter, pointer lompat ke B2, ketik Nia Kurniati enter
6. Bawa pointer ke C1 dengan anak panah kanan, ketik Umur enter
7. Pointer lompat ke C2, ketik 21 enter dan seterusnya.


3. Menghapus Data

Cara untuk menghapus data yaitu :

1. Pindahkan pointer ke sel yang isinya akan dihapus.
2. (Untuk memindah pointer selain menggunakan tombol di keyboard, kita dapat juga mengklik langsung sel yang bersangkutan dengan cara arahkan mouse pointer ke sel yang akan dihapus kemudian klik tombol kiri mouse).
3. Kemudian tekan tombol delete atau del
4. Maka isi sel akan terhapus.

4. Bekerja Dengan Sel


Pada saat bekerja dengan misrosoft excel bisanya kita juga menggunakan sel sekaligus
Tombol pada keyboard untuk bekerja dengan sel adalah sebagai berikut



5. Menyimpan Lembar Kerja


Agar data yang sudah dibuat di buku kerja dapat dibuka lagi dilain waktu harus dilakukan penyimpanan buku kerja.
Langkah penyimpanan buku kerja adalah sebagai berikut:
1) Klik menu File, pilih Save atau tekan Ctrl + S, bisa juga dengan klik gambar disket yang ada pada toolbars standard, hingga tampil kotak dialog Save As






B. Menggabungkan dua lembar kerja atau lebih

Pada saat membuka buku kerja baru pada Microsoft Excel, secara default setiap buku kerja baru akan berisi tiga lembar kerja dengan nama sheet1, sheet2, sheet3.
ketiga lembar kerja tersebut dapat digunakan untuk embuat suatu buku kerja yang akan disimpan dalam satu nama file.

Pada saat bekerja dengan Microsoft Excel, kemu dapat memilih beberapa lembar kerja sekaligus. Hal ini akan memudahkan pembuatan buku kerja yang membutuhkan bentuk laporan dengan format yang sama agar tidak perlu membuat laporan yang sama secara berulang.

fasilitas ini akan memudahkan pembuatan buku kerja


C. Memasukkan teks, tanggal, dan bilangan


Memasukkan Data teks
Data dengan jenis teks merupakan suatu data yang terdiri atas karakter atau gabungan antara karakter dengan angka. Selain menggunakan toolbar formatting, untuk mengatur format teks dapat dilakukan melalui menu Format adalah sebagai berikut.
Pilih atau blok sel yang akan diformat.
Pilih menu Format → Cells atau dengan menekan tombol CTRL+l pada keyboard.
Setelah kotak dialog Format Cells muncul, pilih tab Font.
Pilih dan tentukan format teks yang diinginkan.
Memasukkan Data Tanggal dan Waktu
Langkah-langkah untuk mengubah format tanggal.
Pilih sel dimana akan dilakukan perubahan format. Pilih atau blok sel tersebut apabila sel yang dibutuhkan lebih dari satu sel.
Pilih Menu Format→Cells atau dengan menekan tombol CTRL + 1 pada keyboard. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Format Cells.
Pilih Tab Number, pada kotak pilihan Category pilih Date.
Selanjutnya pada kota pilihan Type akan ditampilkan format tanggal yang tersedia, pilih format tanggal yang diinginkan kemudian klik tombol OK.

Beberapa Fungsi tanggal, yaitu :
=DATE(), Pengisian tanggal
=DAY(), Menampilkan tanggal
=MONTH(), Menampilkan bulan
=YEAR(), Menampilkan tahun
=DATEVALUE(), Mengubah teks menjadi tanggal
=WEEKDAY(), Menampilkan angka urutan hari dari input

Langkah-langkah untuk mengubah format waktu .
Pilih menu Format→Cells atau dengan menekan tombol CTRL + l.
Pada kotak dialog Format Cells, klik Tab Number. Selanjutnya pada kotak pilihan Category pilih Time. Pada kotak pilihan Type akan ditampilkan bentuk format tampilan waktu yang dapat dipilih. Pilih format waktu yang kamu inginkan.
Untuk memasukkan data jenis waktu dapat dilakukan dengan mengetikkan angka kemudian dibatasi dengan titik dua, 15:00 atau 07:00 PM

Beberapa Fungsi Waktu, yaitu :
=TIME(), Pengisian waktu
=HOUR(), Menampilkan jam
=MINUTE(), Menampilkan menit
=SECOND(), Menampilkan detik
=TIMEVALUE(), Mengubah teks menjadi waktu

Memasukkan Data Bilangan

Langkah-langkah untuk mengubah format data angka.
Pilih cels dimana akan dilakukan perubahan format. Pilih atau blok sel tersebut apabila sel yang dibutuhkan lebih dari satu sel.
Pilih Menu Format →Cells atau dengan menekan tombol CTRL +1 pada keyboard. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Format Cells.
Pilih Tab Number, pada kotak pilihan Category, pilih Number.
Selanjutnya pada kotak pilihan Decimal Places dapat ditentukan jumlah angka decimal dibelakang koma yang akan ditampilkan.
Pada kategori Number kita dapat menampilkan tanda pemisah ribuan dengan memilih kotak Use 1000 Separator(,).
Untuk mengubah tampilan angka negative dapat diubah melalui daftar pilihan Negative numbers dengan memilih format tampilan angka negative yang akan digunakan.
Untuk mengubah format symbol mata uang dapat dilakukan melalui pilihan Currency atau Accounting pada kotak pilihan Category. Hal ini dilakukan dengan symbol mata uang yang akan digunakan pada daftar pilihan Symbol. Selanjutnya untuk memasukkan data kamu hanya perlu mengetikkan angkanya saja tanpa mengetikkan symbol mata uangnya.

Beberapa Fungsi Angka, yaitu :
=INT(), Pembulatan angka
=ROUND(), Pembulatan angka berdasarkan nilai numeric tertentu.
=ROUNDUP(), Pembulatan angka berdasarkan nilai numeric tertentu.
=ROUNDDOWN(), Pembulatan angka ke bawah berdasarkan nilai numeric tertentu.

D. Memformat sel


pengaturan format dilakukan melalui menu Fomat Cells dan selanjutnya membuka tab Number pada kotak dialog Format Cells.

E. Menggabungkan Sel

Penggabungan dua atau lebih sel dapat dilakukan secara horisontal, vertikal, maupun gabungan keduanya. Penggabungan beberapa sel akan menghilangkan batas kolom dan baris dari sel tersebut dan sebagai gantinya sel-sel tersebut akan berupa suatu sel yang lebih panjang atau lebih lebar.

F. Memformat Baris dan Kolom


* Mengatur Tinggi Baris
* Mengatur lebar kolom
* Menyembunyikan baris atau kolom

G. Memindahkan dan Menyalin Data

1. Memindahkan Data, adalah menghapu data yang terdapat pada suatu tempat atau sel dan menepatkannya ditempat sel yang lain. Untuk menghapus dan memindahkan data, digunakan perintah Cut dan Paste.

2. Menyalin Data, Menyalin data pada dasrnya sama dengan memindahkan data, tetapi data yang terdapat pada posisi awal tidak akan dihapus. Untuk menyalin data digunakan perintah Copy dan Paste.

3. Menggunakan Paste Special, fasilitas Paste Special mempunyai beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk menyalin sekaligus menjalankan perintah penjumlahan, pembagian, perkalian, dan perintah lainnya.
Selain itu perintah Paste Special juga mempunyai perintah untuk memilih apa yang akan disalin. Untuk menggunakan Paste Special, lakukan perintah pengkopian terlebih dahulu menggunakan fasilitas Copy atau Cut kemudian tekan tanda panah kecil yang terdapat disebelah kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkaian produk daycream dan night cream scarlet yang ngebuat auto glowing , (Brightly Ever After Day Cream and Night cream)

 Hallo semua  Assalamualaikum wrwb  Ga lengkap nih setelah kemarin review serum scarlet , kayaknya wajib pake banget buat trial face cream y...