Sabtu, 13 Maret 2010

Rangkuman bab 7

A. Manfaat Program Lembar Kerja
Microsoft excel dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidang, seperti administrasi, akuntansi, perbankan, statistic, bisnis dan bidang lainnya.
Sebagai program applikasi untuk mengolah angka, Microsoft Excel dilengkapi dengan kemampuan untuk mengitung dengan rumus, serta menggunakan grafik. Microsoft Excel mempunyai fasilitas yang ampir sama dengan program spreadsheet versi-versi sejenisnya. Hal yang baru dalam Microsoft Excel XP, adalah:
Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar pengguna dapat mengklasifikasi jenis data dengan warna berbeda
Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet
Applikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang menggunakan strategi marketing Microsoft yang agreesif, menjadikan Microsoft excel sebagai salah satu program computer yang popular digunakan di dalam computer micro hingga saat ini.


B. Mengaktifkan Program
Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, seperti menggunakan menu start pada taskbar, ikon pada desktop, ikon pike dengan ekstensi file .xls, dan dengan cara mengetik EXCEL pada kotak dialog Run.


C. Lembar Kerja
Menu Bar : Kumpulan menu yang terdapat pada aplikasi Microsoft Excel.
Toolbar : Kumpulan Ikon-ikon yang mewakili beberapa perintah yang ada di menu bar
Formula Bar : sebua kotak untuk memasuka data pada Microsoft Excel, serta memasukan rumus ke sebua sel
Task Pane : adalah tempat dimana menunjukn dokumen yang ada dan recent dokumen.
Kolom : Bidang yang tegak dari atas ke bawah. Bagian ini diberi nama A, B, …, AA, AB, dan seterusnya sampai IV. Jadi, jumlah keseluruhanya adala 256.
Sel : Adalah perpotongan antara baris dan kolom.
Penunjuk Sel : adalah tempat untuk memasukan data, dan setiap bagian mengandung data sendiri yang ukurannya dapat lebih lebar dari bagian tersebut.
Name Box : Kotak yang menunjukan sel yang sedang aktif
Baris : Bidang yang tegak dari kanan ke kiri. Bagian ini diberi nama angka, 1,2,3, dan seterusnya sampai65536.
Tab Sheet : Tab untuk berpindah antar lembar kerja.
Scrool Bar : Bar yang berfungsi untuk menggeser area lembar kerja ke atas-bawah atau kanan-kiri.


D. Menggunakan Menu Pada Microsoft Excel
Dalam Microsoft Excel teradap beberapa menu seperti: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, Help. Menu pada Microsoft Excel dapat bertambah sesuai dengan kemauan pengguna. Untuk menggunakan fungsi fungsi tersebut, kita dapat mengarahkan pointer ke menu yang di inginkan, atau menekan Alt+(karakter kunci pada keyboard).
1. Menu File
Menu file merupakan menu yang berisi perintak perinta untuk mengolah buku kerja (work book) Microsoft Excel. Opsi yang ada di menu File diantaranya adalah :
New :Untuk membuka lembar kerja baru
Open : Untuk membuka lembar kerja yang sudah ada
Close : Untuk menutup lembar kerja yang ada di lembar kerja
Save : Untuk menyimpan dokumen yang ada
Save As : Menyimpan dokumen dengan nama file yang baru
Page Setup : Untuk mengatur lembar kerja
Print : Mengeprint dokumen
Exit : Keluar dari Microsoft Excel
2. Menu Edit
Menu edit merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen lembar kerja yang sedang aktif. Opsi yang ada di menu Edit diantaranya adalah:
Undo : Untuk mengembalikan perintah terakir
Redo : Untuk membatalkan Undo
Cut : Untuk melakukan pemotongan data
Copy : Untuk mengcopy data
Paste : Untuk memindahkan hasil penyalinan
Delete : Untuk menghapus data
Move or Copy Sheet : Untuk melakukan penyalinan sheet
Delete Sheet : Untuk mengapus sheet
3. Menu View
Menu view berisi perinta perinta yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel. Perintah yang ada di menu ini diantaranya adalah pengaturan tampilan lembar kerja, task pane, toolbar, formula bar, dan status bar, pembuatan header dan footer, pengaturan ukuran tampilan dan pengaturan lainnya.
4. Menu Insert
Menu insert berisi perintah perinta yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja baik dari dalam, maupun luar lingkungan Microsoft Excel. I]menu ini dapat menyisipkan gambar, grafik, baris, kolom, dan lembar kerja serta symbol.
5.Menu Format
Menu format merupakan menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja. Perintah yang terdapat diantaranya untuk mengatur ukuran dan jenis hurup, format angka, warrna, garis pembatas sel, baris, kolom, dan pengaturan lainya.
6. Menu Tools
Menu tools merupakan menu yang berisi perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan , pengaturan workbook, serta menyetting workbook agar dapat digunakan oleh pengguna computer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama dan pengaturan setting program Microsoft Excel.
7. Menu Data
Menu data merupakan menu yang terdiri perintah yang digunakan untuk mengolah data di lembar kerja. Perintah diantaranya adalah untuk mengurutkan data, menyaring data, mengitung nilai, membuat tabel, dan perinta lainnya
8. Menu Window
Menu windows merupakan menu yang digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsof Excel yang sedang aktif. Pada menu ini dapat ditampilkan lembar kerja dalam workbook yang sama pada sebuah jendela baru.
9. Menu Help
Menu help merupakan menu yang digunakan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.dan terdapat perinta untuk mendeteksi serta memperbaiki kesalaan yang ada di Microsoft Excel.


E. Ikon Pada Microsoft Excel
Toolbar adala icon icon dari perintah perintah yang ada di menu yang ada di Microsoft Excel. Toolbar default ada dua, yaitu toolbar standar dan formatting.
Toolbar standar terdiri atas ikon-ikon yang digunakan untuk membuka dokumen, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak. Dengan kata lain toolbar ini adala fungsi dasar dari Microsoft Excel.

Toolbar formatting terdiri ata ikon yang berfungsi untuk menjalankan perinta untuk mengatur format dasar dari data di lembar kerja.

Selain kedua toolbar di atas, pada Microsoft Excel terdapat banyak toolbar . toolbar tersebut dapat kita pilih melalui menu View-Toolbar. Atau View-Toolbar-Customize.atau View-Customize.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkaian produk daycream dan night cream scarlet yang ngebuat auto glowing , (Brightly Ever After Day Cream and Night cream)

 Hallo semua  Assalamualaikum wrwb  Ga lengkap nih setelah kemarin review serum scarlet , kayaknya wajib pake banget buat trial face cream y...