Jumat, 19 Februari 2016

Ketika kangen sama Blackbox testing

ASSALAMUALAIKUM WR WB

Hallo Semuanya
Hei Everyone

Kali ini saya mau menulis kegundahan hati saya karena kangen untuk melakukan "testing", dulu pas jaman masih jadi mahasiswa telkom university lumayan banyak berkecimpung didunia testing , terutama "blackbox testing", dulu alhamduilah sampai diundang salah satu persero untuk membuat Blackbox testing dan UAT ( User Acceptable Test) untuk website persero tersebut.

sebagai orang IT ( duileh padahal kuliah Object Oriented Programing aja dapetnya BC haha) ya saya kangen dengan hal-hal seperti membuat website, analisis proses bisnis eksisting maupun usulan, jadi tester developer, tapi kalau dibilang mau jadi programmer? NOPE , NOOOO gak mau  dan bisa dibilang males haha, cukup dunia programmer dirasakan selama 4 tahun yang semua jam terbalik, malam jadi produktif sementara siang jadi sarana tidur, gak lagi deh kaya gitu badan habis eh malahan mengendut deng  , lingkaran mata menghitam, bibir pucet, minus nambah dsb.

oh ya sebenernya tulisan kali ini berhubungan dengan melihat drive dari google , iya saat itu karena suka ngilangin flashdisk ( sumpah jelek banget ini kebiasaan) jadi terpaksa buat backup di drive google jadi kalau mau ngeprint bukan bawa flashdisk tapi nanya bisa conncet ke internet gak hahaha. pas jaman semester 6 mulailah ketertarikan didunia developer program ini, iya tertarik pada bidang testing saja dan ini karena dosen luar biasa yang bernama pak ahmad munansyah , ah si bapak ini bener2 ngajar dikelas gue dengan membuat mahasiswa bereksplore dengan materi tapi bukan takut dengan beliau tapi kita menikmati tentang mata kuliahnya , ah love deh buat si bapak ini

back to judul, setelah saya lulus kuliah malahan berkecimpung didunia public relationship, business plan dan hal yang berhubungan degan targeting dan regulasi pasar, bosan ? gak kok tapi gue cuma kangen dengan rasa ketertarikan luar biasa pada saat menjadi tester developer , kaya tubuh gue tuh mengeluarkan feromon berlebihan karena saring tertariknya gitu deh hahaha.

oh ya biar ga bete mungkin secara ringkas gue jelasin apa itu testing for app/website. pas dulu diajarin sama beliau katanya testing tuh sebenernya dibagi jadi 2 bagian besar yaitu :
1. White Box 
2. Black Box, 

Penjelasannya disini :

White Box merupakan salah satu cara/ teknik test aplikasi maupun website yang bersifat kita harus tau dalaman dari aplikasi tersebut, dari bahasa coding yang digunakan, perulangan yang dilakukan, algoritma yang berjalan , data base yang digunakan, dalam database seperti apa kolom-kolomnya dan lain lainya yang lebih banyak, istilahnya kita harus tau program itu mulai dari codingan sampai database. dan untuk mengetes aplikasi mengunakan teknik ini itu mahal, karena yang ngetes itu harus bener2 teliti, mengerti apa yang ada didalamnya dan test ini berlangsung lama. makanya terkadang ada beberapa perusahaan yang hanya melakukan blackbox untuk meminimalisir biaya dari bagian Testing ini.


Salah satu strategi pengujian penting adalah black-box testing juga dikenal sebagai Data Driven atau input / output pengujian dari data . Untuk menggunakan metode ini, melihat programsebagai kotak hitam. Tujuan  adalah untuk benar-benar berfokus tentang  perilaku internal (Coding)  yang Pengujian Perangkat Lunak dan struktur program. Sebaliknya, berkonsentrasi pada menemukan keadaan dimana program tidak berperilaku sesuai dengan spesifikasinya. Dalam pendekatan ini, data uji berasal semata-mata dari spesifikasi Yaitu, tanpa mengambil keuntungan dari pengetahuan tentang struktur internal Program 

yang butuh referensi bagus, ane punya buku bagus kalau mau buku nya silahkan email, judul bukunya The Art of Software testing bisa email ke: nurulliani@gmail tulis subjeknya (minta *judul buku)

Sekian dulu curhatan saya ditengah pekerjaan yang lama kelamaan membuat aya makin kagen akan dunia kampus .
Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkaian produk daycream dan night cream scarlet yang ngebuat auto glowing , (Brightly Ever After Day Cream and Night cream)

 Hallo semua  Assalamualaikum wrwb  Ga lengkap nih setelah kemarin review serum scarlet , kayaknya wajib pake banget buat trial face cream y...